Selasa, 30 Oktober 2012

Cara menghilangkan virus di flashdisk



Kasus ini aku alami sendiri ketika flashdiskku dipinjam  dan untuk keperluan nyimpan data di kantor terus dibawa pulang. Sampai dirumah flashdisk ditancap ke komputer rumah dan aku scan dulu pakai AVG ternyata muncul warning ada 2 virus yang dicurigai adalah file:
  1. autorun.inf
  2. .vbs  
Dua file di atas ternyata dilihat pakai explorer WINXP nggak kelihatan walau option hidden dan extention hidden dah dibuka. Jelas file tersebut adalah file aneh karena tidak mungkin membuat  dan mengcopy 2 file tersebut, pastilah virus. Masalahnya untuk menghapusnya ya, file itu tetap ngga kelihatan jadinya mengapus yang mana?
Ada akal nih, keingat waktu dulu belajar DOS, untuk setting attribute file bisa pakai perintah ATTRIB jadinya langsung saja aku ke Star->run kuketik command masuk deh di prompt DOS baru laksanakan perintah sakti DOS jadul. Ini cara menampilkan file yang tersembunyi itu.
1. misal flashdisk di folder g: maka untuk melihat keseluruhan file, ketik g:\>dir *.*
    disini 2 file yang dicurigai tetap ga kelihatan
2. misal flashdisk di folder g: maka untuk lihat file tersembunyi ketik g:\>dir  /a
    baru deh 2 file tersebumi itu kelihatan
3. setelah muncul dua file di atas ubah attribute file biar kelihatan pakai cara
    g:\>attrib -r -a -s -h g:\autorun.inf /s
    g:\>attrib -r -a -s -h g:\.vbs /s
4. Cek dengan dir /a , setelah muncul 2 file tersebut, hapus dengan cara
5. g:\>del autorun.inf
    g:\>del *.vbs

Note:
Kalo kamu ingin paham perintah ATTRIB ketik aja g:\>attrib /?

Dah selesai, perintah DOS jadul dah menyelamatkan kita dari virus. Jika Anda menjumpai kasus seperti kasus ini, waktu di scan ada virusnys tapi diexplore gak kelihatan sehingga susah untuk menghapusnya pakai cara di atas.
Semoga bermanfaat.
     



                                                                                                                                           


Kita pernah mendengar ejekan dari teman-teman kita yang selalu berkata flashdiskmu gudang virus, jangan pernah copy di flashdiskmulah ntar aku jadi korban yang ke 1000 org, banyak sekali virus di Flashdiskmu pasti sering deh pindahin film bokep …. pasti kita berprasaan Kenapa Tidak ada Satupun yang membelaku…. hehhehe
tapi jangan khawatir semua ada hikmahnya
Nah.. Biar kejadian kayak tadi ngak terulang.. nih aku kasih trik yang udah dari dulu kupakai sebagai senjata buat menangkal virus yang dari flashdisk..  
  1. Pertama Sebelum memasukkan flashdisk tekan tombol shift, trus tancepin flashdisknya (menekan Shift sebelum memasukkan flashdisk bertujuan untuk mematikan fitur autoplay windows) setelah itu buka command prompt atau command.exe.. Kamu bisa cari di C:\windows\system32.. Nah.. Supaya ngak ribet,, buka aja dari Run.. Klik Start-Run.. Ketik cmd atau command.. Kedua tool dos ini ngak beda jauh, bahkan bisa dibilang anak kembar..    
  2. Setelah command promt terbuka masuk ke drive tempat flashdisknya berada.. dengan mengetikkan langsung drive: .. contoh untuk drive E,, maka ketik ‘E:’ (tanpa tanda petik)
  3. Setelah itu ketikkan dir E: untuk drive E…   Lihat apakah ada file autorun.inf
  4. Jika ada hilangkan semua atribut dengan mengetikkan attrib -r -h -s *.* /s /d ..
  5. Setelah itu hapus file autorun.inf dengan mengetikkan del autorun.inf..
  6. Buka drive flashdikmu di explorer,
  7. Hapus file yang mencurigakan.. caranya : klik menu tool di explorer dan pilih folder options. pilih tab view. pilih “show hidden file and folders”. di option “show hidden file and folders”. dan kosongkan (uncheck) box “hide extensions for known file type” dan “hide protected operating system file”, klik yes. dan Klik Ok..
  8. Cari file yang iconnya tidak sesuai dengan tipe filenya.. contohnya file dengan format .exe namun iconnya berbentuk folder.. atau file .exe namun bericon microsoft word.
  9. selesai… virusnya ngak bakal nongol  kecuali anda salah klik…. ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar